Dari 9 Jenis Yoga Ini Manakah Yang Terbaik Untuk Anda?

Ada dua jenis orang di dunia – mereka yang berolahraga dan mereka yang tidak.

Dengan bertambahnya usia akan banyak masalah yang akan kalian hadapi terutama akan berdampak pada kesehatan.

Tetapi jika Anda berolahraga, inilah beberapa makanan untuk dipikirkan. Bertahun-tahun latihan, dipasangkan dengan diet yang baik dan bersih, bekerja sesuai keinginan Anda. Tetapi tubuh Anda membutuhkan lebih banyak dan karenanya Anda harus merangkul yoga. Yoga bukan hanya sekedar latihan melainkan cara hidup. Yoga bertujuan untuk menghubungkan tubuh, pikiran dan jiwa Anda dengan Kesadaran Universal.

Meskipun yoga memerlukan putaran – belokan, peregangan – tikungan bersama dengan rutinitas pernapasan yang kompleks dan intens, ini hanya aspek permukaan dari ekspresi kehidupan yang indah ini. Dengan yoga sama saja kita menanamkan disiplin, rahmat, menyeimbangkan energi dan emosi kita.

Sadhguru Jaggi Vasudev dari Isha Yoga mengatakan, “Jauh lebih dari sekadar menekuk tubuh, ilmu Yoga menyediakan alat pamungkas untuk meningkatkan kemampuan manusia dan berfungsi pada puncak tubuh dan pikiran tertinggi.”

Jika semua ini telah menginspirasi Anda untuk melakukan yoga, lihatlah berbagai jenis rutinitas yoga dan apa yang Anda harapkan di kelas. Yoga sangat fleksibel – ada sesuatu untuk semua orang di dalamnya.

Kundalini Yoga

Bentuk yoga ini berakar pada Chakra. Ini berfokus pada kerja inti dan nafas yaitu pranayama, bertujuan untuk membuka pikiran dan membuat Anda lebih sadar akan pikiran dan tubuh Anda.

Yoga Kundalini adalah salah satu gaya spiritual yoga yang juga mencakup banyak meditasi. Nyanyian, meditasi, mudra dan pernapasan membentuk inti dari gaya yoga ini. Kelas ini cenderung menuntut fisik. Ini juga menantang secara mental. Tetapi begitu Anda masuk ke alur, Kundalini Yoga pasti akan mengubah hidup Anda.

Iyengar Yoga

Gaya yoga ini berfokus pada perataan. Kelas tidak memiliki aliran seperti gaya Vinyasa. Setiap pose di Iyengar sangat intens dan Anda harus menahannya untuk waktu yang lama dan melebar saat bernafas. Gaya yoga ini bekerja dengan banyak alat peraga, seperti tali pengikat, balok dan selimut.

Bagi mereka yang suka masuk ke detail, merasakan dan mempelajari pose dengan intens, ini adalah pilihan Anda! Kelas ini juga berfungsi untuk mereka yang memiliki cedera dan masalah kronis. Gaya ini cenderung mengakomodasi semua keterbatasan dan pada gilirannya membuat Anda stabil, fleksibel dan kuat.

Jivamukti Yoga

Bentuk yoga ini lebih dari sekadar latihan – ini adalah cara hidup yang mencakup aspek etika, spiritual dan fisik. Diformulasikan oleh Sharon Gannon dan David Life, gaya yoga ini juga berbicara tentang memperhatikan lingkungan, jadi Anda harus ramah terhadap hewan dan menjadi vegan. Lima aspek terpenting dari metode ini adalah Shastra (kitab suci), Bhakti (devosi), Ahimsa (tidak merugikan), Nada (musik), dan Dhyana (meditasi).

Dalam kelas ini, Anda akan memulainnya dengan menetapkan niat diikuti dengan nyanyian dan kemudian bernafas kesadaran. Ini termasuk gerakan Vinyasa dan diakhiri dengan relaksasi dan meditasi. Gaya yoga ini adalah paket lengkap yang mencakup kerohanian dengan manfaat fisik. Jika ini terdengar menarik, Anda harus mencobanya!

Vinyasa Flow

Gaya yoga ini mengharuskan Anda untuk mengoordinasikan napas dengan gerakan dan menekankan untuk menciptakan aliran postur dengan transisi yang mulus dari satu ke yang berikutnya. Vinyasa secara harfiah berarti koneksi. Anda harus menghubungkan gerakan Anda dengan menghirup atau menghembuskan napas. Anda bisa menggunakan gaya ini melalui Surya Namaskar, pose penyeimbang, backbend atau pose duduk. Latihan berakhir dengan Savasana.

Kelas ini didasarkan pada kreativitas guru dan tidak memiliki struktur yang keras dan cepat. Kadang-kadang, spiritualitas dimasukkan dalam kursus-kursus ini dengan sedikit meditasi dan nyanyian. Instruktur lain percaya menjaganya agar tetap atletis. Anda dapat memilih minat apa pun yang Anda miliki ketika Anda mendaftarkan diri di kelas ini.

Kategori ini bisa lambat dan lembut atau cepat dan intens tergantung pada level Anda. Sebagai pemula, Anda harus mencari kelas yang lebih lambat pada awalnya dan kemudian beralih ke kelas yang serba cepat.

Ashtanga Yoga

Gaya yoga ini secara populer disebut Power Yoga dan dianggap sebagai versi kontemporer dari yoga klasik. Diprakarsai oleh K. Pattabhi Jois bentuk yoga ini juga menghubungkan gerakan dengan napas, tetapi gerakannya lebih jelas. Anda maju dengan lembut setiap asana dan setiap tindakan dilakukan dengan inversi.

Anda mulai dengan seri Pratama dan begitu Anda menguasainya, Anda lulus ke tingkat berikutnya. Butuh bertahun-tahun untuk maju tetapi fokusnya selalu pada postur dan bukan progresinya.

Jika berada dalam latihan terstruktur dan penuh daya adalah pilihan Anda gaya ini cocok untuk Anda.

Anusara Yoga

Gaya yoga ini sangat optimis. Ini berfokus pada peningkatan dan merupakan yang paling spiritual dari semua teknik yoga. Ini dilambangkan dengan “perayaan hati.” Ini adalah bentuk yoga yang relatif baru, dimulai pada tahun 1997 oleh John Friend. Itu berfokus pada mencari cahaya dalam diri Anda.

Jika Anda baru mengenal yoga dan siap melakukan pencarian jiwa, ini adalah sesuatu yang harus Anda coba. Gaya ini menggunakan pernapasan, perataan, dan untuk memperbaikinya, Anda juga akan menggunakan banyak alat peraga.

Bikram Yoga

Gaya yoga ini Panas-Panas-Panas! Jika Anda mencoba ini, Anda pasti berkeringat. Bikram Yoga biasanya dilakukan di ruangan yang dipanaskan hingga 40 derajat celcius dengan kelembaban 40%. Idenya adalah untuk mengeluarkannya. Bercabang keluar dari gaya Vinyasa. Jadi, di kelas Bikram Yoga Anda pada dasarnya akan berlatih asana dengan koordinasi dengan napas Anda.

Sang pendiri, Bikram Choudhury merumuskan urutan 26 postur dengan keyakinan bahwa secara sistematis menantang setiap bagian tubuh, baik itu otot, urat, ligamen atau organ.

Yoga Hatha

Hatha adalah kata Sansekerta yang berarti kekuatan. Biasanya termasuk aspek fisik dari latihan. Ini adalah ibu dari semua latihan yoga. Semua subkelompok lainnya termasuk dalam kategori ini.

Kelas Hatha Yoga biasanya berjalan lambat dan tidak mengikuti aliran. Kelas ini sangat cocok untuk pemula karena dengan lembut membuat Anda tertarik dengan yoga. Jika Anda seorang Yogi yang berpengalaman, kelas ini berfungsi sebagai tempat bersantai yang menyenangkan. Kelas ini adalah semua tentang dasar-dasar. Ini mengajarkan Anda cara bernapas, mengajarkan Anda postur, meditasi dan teknik relaksasi juga. Jika Anda baru mengenal yoga, Anda mungkin harus mendaftarkan diri di kelas Hatha Yoga untuk memulai.

Yoga Yin

Gaya yoga ini berjalan lambat. Anda diharapkan memegang setiap pose setidaknya selama lima menit. Dikatakan bahwa dengan melakukan hal itu, Anda menekankan jaringan ikat dalam tubuh dan hal gerakan ini membantu meningkatkan sirkulasi dan fleksibilitas. Gaya yoga ini seharusnya meningkatkan qi (energi kehidupan) dalam tubuh. Biasanya, Anda akan melatih gaya ini di ruangan yang dipanaskan sehingga membantu untuk mengembangkan otot Anda dan membuatnya lebih elastis. Yang menarik, bentuk yoga ini diprakarsai oleh seorang guru yoga dan ahli seni bela diri Tao – Paulie Zink.

Yoga semacam ini adalah untuk mereka yang suka menantang pikiran mereka. Anda akan menjadi lebih sabar dan fokus pada pernapasan Anda dengan cara yang bijaksana. Gaya yoga ini sangat santai.

Dengan harapan gambaran umum dari berbagai jenis yoga telah menginspirasi Anda untuk memilih satu. Memilih bentuk terbaik tergantung pada minat Anda, tidak hanya akan menyenangkan tetapi juga akan menghasilkan yang terbaik dalam diri Anda, baik secara fisik dan mental. Jadi tanpa basa-basi, terimalah yoga ke dalam hidup Anda, bukan hanya sebagai latihan, tetapi sebagai cara hidup!

Please follow and like us:
error